25 February 2009

LK1325 Perancangan Kapal

Tujuan:
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep basic design, preliminary design, contract design dan detail design, menjelaskan jenis kapal dan hal-hal yang dipertimbangkan dalam penentuan mission requirements, melaksanakan concept design dan preliminary design berdasarkan mission requirements, menjelaskan persyaratan SOLAS 1974 dan Maritime Labor Conventions and Recommendations dalam pembuatan Rencana Umum, menjelaskan pemeriksaan yang harus dilakukan dalam spiral perancangan, menjelaskan persyaratan internasional dan nasional yang harus dipenuhi, menjelaskan design philosophy, menysun spesifikasi teknik terutama untuk badan kapal

Materi pokok:
pengertian dan batasan basic design: concept design dan preliminary design, contract design dan detail design, jenis kapal dan hal-hal yang dipertimbangkan dalam penentuan mission requirements, beberapa metode dalam melaksanakan concept design: dengan dibantu komputer dan berdasarkan empirical data, preliminary design dan hal-hal yang dipertimbangkan dalam pembuatan rencana garis, pemeriksaan yang harus dilakukan dalam spiral perancangan, persyaratan internasional dan nasional yang harus dipenuhi. Rencana Umum dan persyaratan SOLAS 1974 dan Maritime Labor Conventions and Recommendations: Accommodation of Crews Convention (Revised) 1949 no. 92 dan Accommodation of Crews (Supplementary Provisions) Convention 1970 no. 133, Crew Accommodation (Air Conditioning) Recommendation 1970 no. 140 dan Crew Accommodation (Noise Control) Recommendation 1970 no. 141. Konstruksi penampang melintang, perkiraan resistance dan powering dan pemilihan motor induk, perkiraan massa dan titik pusat massa, kapasitas dan titik pusat massa bagian-bagian deadmass, design philosophy, penyusunan spesifikasi teknis, terutama untuk badan kapal

Prasyarat:
LK1321 Teori Bangunan Kapal II
LK1326 Hambatan dan Propulsi I atau sedang diambil
LK1329 Motor Penggerak Kapal atau sedang diambil

Referensi:

  • Taggart, R. and E. Society of Naval Architects and Marine (1980). Ship design and Construction. Society of Naval Architects and Marine Engineers, New York, Society of Naval Architects and Marine Engineers.
  • Manning, G. C. (1956). The theory and technique of ship design; a study of the basic principles and the processes employed in the design of ships of all classes. [Cambridge], Published jointly by the Technology Press of the Massachusetts Institute of Technology and Wiley.
  • Munro Smith,”Element of Ship Design”
yirfan recommended reading :
  • Munro-Smith, R. (1964). Merchant ship design. London, Hutchinson.
  • Benford, H. (1979). Fundamentals of ship design economics: lecture notes. Ann Arbor (Mich.), Department of Naval Architecture and Marine Engineering, College of Engineering, University of Michigan.
  • Lamb, T., Engineering for ship production. Final report,1986 (part 1) (part2)(part3)

Seja o primeiro a comentar

yirfan © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO