25 February 2009

[yim300] Analisis Gerakan Coupled Heaving-Pitching Kapal_Edi(2003)

Eddi Husni , Analisis Gerakan Coupled Heaving-Pitching Kapal Purse Seine Terhadap Gelombang Reguler Head Seas, Pengantar Falsafah Sains (PPS702)(2003)


Analisis Gerakan Coupled Heaving-Pitching Kapal Purse Seine Terhadap Gelombang Reguler Head Seas
Eddi Husni [Program Pascasarjana / S3 Institut Pertanian Bogor]

ABSTRACT
Efektivitas pengoperasian kapal penangkap ikan di laut pada dasarnya sangat dipengaruhi oleh kemampuan kapal untuk tetap selamat (seaworthiness) dan karakteristik yang menekankan pada respon kapal terhadap kondisi operasional di laut (seakindliness), kedua hal tersebut merupakan kriteria utama yang harus dipenuhi oleh suatu kapal, yang berkaitan erat dengan karakteristik gerakan kapal.
Dalam penelitian ini secara khusus dianalisis gerakan coupled heaving-pitching di gelombang reguler head seas dengan sudut encounter 180o. Untuk itu penelitian ini bertujuan (1) menganalisa besarnya amplitudo dan frekuensi gerakan coupled heaving-pitching kapal purse seine pada gelombang reguler head seas (2) Menganalisa gerakan coupled heaving-pitching pada gelombang reguler head seas.
Penelitian ini dilaksanakan di laboratorium Kapal Perikanan dan Sistem Navigasi, Jurusan Pemamfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor (IPB). Pelaksanaan penelitian kurang lebih enam bulan, yaitu mulai bulan Maret 2002 hingga September 2002.
Data-data hasil pengukuran dilapangan dianalisis secara numerik dan besarnya tinggi gelombang adalah 3m dalam kondisi full capacity selama 600 detik. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa berdasarkan rasio dimensi utama kapal purse seine (L/B, L/D dan B/D) dan parameter hidrostatis menunjukkan bahwa kapal purse seine yang diteliti memiliki kemampuan laju kapal, kekuatan memanjang, turning ability dan propulsive ability yang cukup baik.
Dari perhitungan secara teoritis diperoleh, (1) Gerakan coupled heaving-pitching dapat menurunkan besarnya amplitudo gerakan heaving dan sudut pitching jika dibandingkan dengan gerakan uncoupled. (2) Gerakan coupled heaving-pitching lebih nyaman daripada gerakan uncoupled heaving-pitching bagi operasional di atas kapal dan menjamin keselamatan serta konstruksi kapal selama berada dilaut, (3) Sudut pitching pada gerakan coupled heaving-pitching dengan kecepatan kapal 3,090 m/det pada gelombang reguler head seas akan selalu mengikuti pola gerakan gelombang, sedangkan gerakan heaving akan bervariasi pada pola gerakan gelombang yang terjadi.




---
here
---
(We do not take responsibility for the ebooks copyright on this site, This documents are found in a free ebook sites in the internet and not tested. please read disclaimer before you download)

Seja o primeiro a comentar

yirfan © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO