12 February 2009

Tarif Angkutan Laut Turun

Kamis, 12 Februari 2009 | 11:02 WIB
JAKARTA, KAMIS - Departemen Perhubungan (Dephub) dalam mendorong perkembangan dunia usaha dan pengguna jasa angkutan laut, akan penurunan tarif penumpang angkutan laut kelas ekonomi dan tarif jasa kepelabuhan yang meliputi tarif pemanduan, penundaan dan container handling.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Sunaryo SH dalam keterangan pers di Jakarta, Kamis (12/2) mengatakan, penurunan tarif angkutan laut dalam negeri untuk kelas ekonomi berdasarkan pada Peraturan Menteri Perhubungan No.KM. 8 Tahun 2009 tentang tarif Batas Atas Angkutan Penumpang Laut Dalam Negeri ekonomi tanggal 11 Februari 2009. Kebijakan tersebut berlaku mulai tanggal 01 Maret 2009 setelah dilakukan sosialisasi.

"Besaran penurunan tarif angkutan penumpang laut kelas ekonomi tersebut adalah sebesar 10 persen untuk angkutan laut kelas ekonomi yang berjarak di atas 1.000 Km, sedangkan penurunan secara keseluruhan dari trayek yang berlaku di perairan Indonesia rata-rata sebesar 3,94 persen," katanya.

Dari perhitungan tersebut, menurut dia, maka didapatkan penurunan tarif angkutan laut dalam negeri kelas ekonomi yang terendah adalah sebesar Rp 39.800 per penumpang dan tertinggi sebesar Rp 124.200 per penumpang.

"Sedangkan untuk penurunan tarif jasa kepelabuhan diberikan kepada pelayanan jasa yang terkait langsung dengan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) yang meliputi jasa pemanduan, jasa penundaan dan jasa pelayanan petikemas khususnya container handling," ucapnya.

Ia mengatakan, pelaksanaan penurunan tarif jasa kepelabuhan tersebut dilaksanakan dengan cara pemberian diskon sebesar 5 persen (lima persen) dalam kurun waktu tiga bulan dan dapat dilakukan peninjauan kembali. Penurunan tarif tersebut berlaku efektif sejak 15 Februari 2009.

"Dengan kebijakan penurunan tarif penumpang laut kelas ekonomi dan tarif jasa kepelabuhan tersebut, diharapkan akan mendorong perkembangan dunia usaha yang terkena dampak krisis ekonomi global," katanya.

sumber : kompasonline

Seja o primeiro a comentar

MultiSearchEngine

Recent Comment

yirfan © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO