28 October 2008

LK1329 MOTOR PENGGERAK KAPAL

Tujuan:
Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik berbagai motor penggerak utama dan gabungannya, serta kelebihan dan kekurangannya, memilih sistem penggerak kapal yang sesuai dengan kebutuhan kapal, menjelaskan sistim pendukung untuk mesin penggerak utama, menjelaskan tugas dan karakteristik bagian sistem listrik di kapal (genset, sistem pengaman dan kontrol, motor, starter dan lain-lain) dan perlengkapannya (distribution board, gauges and meters dan lain-lain), menjelaskan persyaratan SOLAS 1974 untuk kamar mesin, sistem penggerak utama dan bantu dan sistem listrik di kapal

Materi pokok:
Berbagai siklus termodinamika sebagai dasar teoretis motor Diesel, turbin uap, turbin gas tanpa dan dengan turbocharger, diagram daya-putaran untuk berbagai mean effective pressure dari motor Diesel, turbin uap, turbin gas tanpa dan dengan turbocharger, kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis, engine-propeller matching, macam-macam sistem pendukung motor: cara mengasut (start), sistem udara masuk, sistem pendinginan termasuk kondensor, sistem gas buang untuk motor dan turbin, berbagai jenis generator dan motor listrik, diagram daya-putaran untuk berbagai arus eksitasi dari generator dan motor listrik, kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis, macam-macam cara mengasut (start) motor listrik, macam-macam isolasi dan perlindungan untuk peralatan listrik sesuai peraturan biro klasifikasi, macam-macam cara penggabungan berbagai jenis motor penggerak, persyaratan SOLAS 1974 untuk kamar mesin, sistem penggerak utama dan bantu dan sistem listrik di kapal

Prasyarat:
UF 1201 Fisika Dasar I

Referensi:

  • Harrington RL (Ed), ”Marine Engineering”, SNAME, 1971
  • Milton JH, ”Marine Steam Boiler”, Butterworths, 1980.
  • Pounder CC, ”Marine Diesel Engines”, 5th edition, Butterworth, 1972....here
yirfan recommended reading :

Seja o primeiro a comentar

yirfan © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO