LK1333 KEKUATAN KAPAL
Tujuan:
Mahasiswa mampu menghitung distribusi memanjang massa kapal kosong (light mass) dan letak titik pusat massa memanjang maupun meninggi, menjelaskan kondisi-kondisi yang perlu dihitung menurut biro klasifikasi dan SOLAS 1974, menilai apakah tegangan normal dan geser yang terjadi dalam konstruksi kapal pada suatu kondisi pembebanan memenuhi persyaratan biro klasifikasi atau tidak
Materi pokok:
perhitungan distribusi memanjang massa kapal kosong berdasarkan lines plan dan steel plan, kondisi-kondisi yang perlu dihitung menurut biro klasifikasi dan SOLAS 1974, perhitungan distribusi memanjang dari beban, gaya lintang, momen lengkung vertikal, sudut kemiringan dan lendutan dan koreksi-koreksinya, perhitungan tegangan normal akibat momen lengkung dan tegangan geser akibat gaya lintang dan membandingkannya dengan tegangan ijin menurut biro klasifikasi
Prasyarat:
LK 1323 Mekanika Teknik II
Referensi:
- Biro Klasifikasi Indonesia, ”Peraturan Klasifikasi dan Konstruksi Baja”, Jakarta, 1978.
- Evans, J.H., ”Ship Structural Design Concepts”, Cornell Maritime Press, 1975.
- Hughes, O.F., ”Rational Methods in Ship Design”, John Willey & Sons, New York, 1983.
- N. Barabanov, ”Structural Design of Sea Going Ship”, Peace Publishers, Moscow.
- Taggart, R. ”Ship Design and Construction”, SNAME, 1980.
- Timoshenko, S.P, Cs, ”Theory of Plates and Shells”, 2nd ed., McGraw Hill Book Company, New York, 1959.
- Timoshenko, S.P, Cs, ”Mechanics of Materials”, McGraw Hill Book Company, New York, 1961.
yirfan recommended reading :
Seja o primeiro a comentar
Post a Comment