09 October 2008

UL1203 PENGANTAR IPTEK

Tujuan: (2 SKS)
Mahasiswa memahami taksonomi ilmu pengetahuan, konteks pengembangan IPTEK dalam perkembangan peradaban, etika pengembangan IPTEK, dan urgensi pendekatan lintas disiplin penerapan IPTEK dalam pembangunan. Mahasiswa juga diperkenalkan dengan perkembangan IPTEK dalam bidang Teknologi Kelautan melingkupi karakteristik, fungsi, potensi dan peranan laut, jenis-jenis pelabuhan, kapal dan perlengkapannya, motor penggerak dan perlengkapannya dan jenis-jenis bangunan lepas pantai.

Materi Pokok:
Laut sebagai prasarana jaringan logistic, laut sebagai sumberdaya, macam-macam pelabuhan, jenis-jenis bangunan laut dan kapal, system penggerak kapal, peralatan penyelamat, galangan kapal dan sarananya, sistem pembangkit daya di kapal, permesinan bantu di kapal, mesin-mesin geladak, macam-macam bangunan lepas pantai, instalasi bangunan lepas pantai, badan sertifikasi/klasifikai, aturan keselamatan di laut dan lapangan kerja di dunia industri maritim.

Prasyarat:
Tidak ada

Referensi:

  • Niko Wijnolst, Tor Wergeland, ”Shipping”, Delft University Press, 1997.
  • K. Van Dokkum, ”Ship Knowledge – A Modern Encyclopedia”, Dokmar, The Netherlands, 2004.
  • Robert Taggart, Ed.,”Ship Design and Construction”, the Society of Naval Architects and Marine Engineers, Jersey City, NJ, 1980....more
  • Charles L. Sauerbier,”Marine Cargo Operation”, John Wiley & Sons, New York, 1956.
  • John Huston,”Hydraulic Dredging”, Cornell Maritime Press, Cambridge, 1970.
yirfan recommended reading :

Seja o primeiro a comentar

yirfan © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO