15 August 2008

LK1350 TEORI PELAT

Tujuan: (3 sks)
Mahasiswa mampu menghitung lendutan dan tegangan utama pada pelat dengan beban lateral dan beban dalam bidang dan memeriksa apakah pelat akan mengalami kegagalan atau tidak dengan memakai salah satu teori kegagalan, menghitung beban atau tegangan buckling pada pelat polos, melakukan perhitungan buckling menurut Biro Klasifikasi, merancang pelat dengan penegar satu arah maupun dua arah terhadap beban buckling dengan cara rasional maupun menurut biro klasifikasi

Materi pokok:
Definisi pelat dan pembagian pelat, Asumsi dasar Kirchoff & Love, Tegangan dan gaya dalam pada pelat, Persamaan diferensial keseimbangan gaya dan momen untuk elemen pelat. Rumus gaya geser dan momen serta tegangan pada pelat, Persamaan diferensial dasar untuk pelat, Penyelesaian cara Navier, Penyelesaian cara Levy, Kondisi batas, Teori kegagalan Tresca, von Mises dan Rankine, Pelat dengan beban lateral dan beban dalam bidang, Buckling pada pelat polos, perhitungan buckling pelat polos menurut Biro Klasifikasi, Buckling pada pelat berpenegar satu arah dan dua arah, Perhitungan buckling pada pelat berpenegar menurut Biro Klasifikasi

Prasyarat:
LK 1333 Kekuatan Kapal

Referensi:

  • Szilard, R., “Theory and Analysis of Plates, Classical and Numerical Methods”, Prentice Hall Inc., Englewood Cliffs, New Jersey, 1974
  • Timoshenko, S.P., S. Woinowsky-Krieger, “Theory of Plates and Shells”, 2nd edition, McGraw-Hill Kogakusha Ltd., Tokyo, 1959...more
  • Hughes, O., “Ship Structural Design: a Rationally-Based, Computer-Aided, Optimization Approach”, John Wiley & Sons, New York, 1983
  • BKI, “Rules for the Classification and Construction of Seagoing Steel Ships”, Vol. II: Rules for Hull Structure, 2001.

yirfan recommended reading :

Seja o primeiro a comentar

yirfan © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO