18 August 2008

[4S/yim301] Standard Harga Satuan Dasar Pemkot Surabaya

Perencanaan Anggaran ternyata mempunya aspek yang sesungguhnya rumit dalam tataran praktisnya. Penentuan anggaran biaya suatu proyek pekerjaan harus diperhitungkan dari awal, sehingga peluang terjadi penyelewengan dapat diminimalkan. Pemkot Surabaya penyusun panduan untuk penentuan standard harga satuan dasar yang dituangkan dalam KEPUTUSAN WALIKOTA SURABAYA NOMOR : 188.45/271/436.1.2/2006 mengenai Standar Biaya dan Harga Satuan Belanja Daerah Kota Surabaya

Standar Biaya dan Harga Satuan Belanja Daerah terdiri dari :
a. Standar Harga Satuan Dasar (SHSD) merupakan harga elemen penyusun komponen kegiatan fisik/non fisik, terdiri dari :
1) standar harga satuan upah dan bahan;
2) standar harga satuan barang dan sewa;
3) standar harga jasa konsultasi/billing rate;
4) standar honorarium pegawai dan komponen kegiatan swakelola lainnya.
b. Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK) merupakan harga komponen kegiatan fisik/non fisik melalui analisis yang distandarkan untuk setiap jenis komponen kegiatan dengan menggunakan Standar Harga Satuan Dasar (SHSD) sebagai elemen penyusunannya.

Namun lebih dari itu, data yang dicantumkan dalam dokumen ini bisa menjadi acuan bagi siapapun untuk menghitung kebutuhan material utama sebelum memasukkan komponen harga, dimana komponen ini bersifat fluktuatif.
Sangat berguna bagi mahasiswa pelajar atau praktisi yang berkecimpung didunia konstruksi sipil, mengingat data yang ada bisa dikatakan sangat lengkap untuk jenis pekerjaan sipil/perumahan.[yirf]

---
http://www.4shared.com/file/59147464/79b74f5d/shsd2007.html

---
We do not take responsibility for the ebooks copyright on this site, This documents are found in a free ebook sites in the internet and not tested. please read disclaimer before you download)

Seja o primeiro a comentar

MultiSearchEngine

Recent Comment

yirfan © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO