30 January 2009

[yim349] SNMT2006 - Studi Pemodelan untuk Investasi Galangan Kapal Kecil

Investasi merupakan aktifitas menanamkan faktor-faktor produksi terbatas dalam proyek tertentu yang bersifat baru sama sekali atau perluasan proyek yang ada. Hal ini dimaksudkan untuk memperoleh manfaat yang cukup layak di kemudian hari, baik manfaat ekonomi maupun non ekonomi. Model investasi galangan kapal kecil yang mempunyai daya saing tinggi di Indonesia dihadapkan pada beberapa kendala atau batasan yang cukup kompleks termasuk sifat investasi galangan kapal kecil yang capital intensive, slow and low yielding.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memperoleh model perencanaan investasi dalam pemilihan alternatif galangan kapal di Indonesia umumnya dan di Kota Samarinda khususnya dengan menggunakan pendekatan Analytic Network Process (ANP).
Survey terhadap potensi pasar untuk pembangunan galangan kapal baru di Kalimantan Timur, terdapat sembilan alternatif peluang investasi pembangunan galangan kapal kecil. Dari kesembilan alternatif tersebut, dilakukan pilihan (choice) dengan ANP.
Hasil running Software Super Decision 2.1 menunjukkan peringkat/prioritas tertinggi adalah galangan kapal untuk reparasi kapal baja dan bangunan baru kapal baja (alternatif F) dengan nilai 20,9%. Total investasi sebesar Rp. 75,827.53 Milyard dengan profitabilitas untuk skenario pertama adalah PBP = 15,11 tahun, NPV = Rp 10,821 Milyard pada discount rate 10%, IRR = 11% dan skenario kedua PBP = 14,33 tahun, NPV = Rp 33,953 Milyard pada discount rate 10%, dan IRR = 15%.

Kata kunci : model, investasi, galangan kapal

Title : STUDI PEMODELAN UNTUK INVESTASI GALANGAN KAPAL KECIL : Studi Kasus Samarinda
Author : Achdian Nor*, Triwilaswandio WP**, Daniel M. Rosyid**
Teknik Produksi & Material Kelautan, Program Pascasarjana Teknologi Kelautan ITS.
Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi III
Program Studi MMT-ITS, Surabaya 4 Pebruari 2006

credit to : http://mmt.its.ac.id

---
---
We do not take responsibility for the ebooks copyright on this site, This documents are found in a free ebook sites in the internet and not tested. please read disclaimer before you download)

Seja o primeiro a comentar

yirfan © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO