17 January 2009

[yim317] Engine Propeller Matching - Adji

Secara umum kapal yang bergerak di media air dengan kecepatan tertentu, maka akan
mengalami gaya hambat (resistance) yang berlawanan dengan arah gerak kapal
tersebut. Besarnya gaya hambat yang terjadi harus mampu diatasi oleh gaya dorong
kapal (thrust) yang dihasilkan dari kerja alat gerak kapal (propulsor).
Salah satu tahapan yang sangat berpengaruh didalam melaksanakan proses Analisa
Engine - Propeller Matching adalah tahap pemodelan dari karakteristik badan kapal
yang dirancang/diamati. Hal ini disebabkan karena Karakteristik Badan Kapal
mempunyai efek langsung terhadap karakteristik baling-baling (propeller). Karakteristik badan kapal secara hidrodinamis akan mempengaruhi terhadap kinerja propeller.
Penulis menganalisa pengaruh operasi dari putaran motor penggerak kapal (engine speed) yang sedemikian sehingga tepat (match) dengan karakter beban baling baling, dan menghasilkan kecepatan kapal yang mendekati (sama persis) dengan kecepatan servis kapal yang direncanakan.

Daftar Isi
I. REVIEW TENTANG DAYA MOTOR PENGGERAK KAPAL
1. Definis dan Formula
2. Efisiensi pada Sistem Penggerak Kapal
Efisiensi Lambung, Efisiensi Baling-baling Efisiensi Transmisi Poros Efisiensi Keseluruhan
3. Daya Motor yang Di-Install

II. KARAKTERISTIK LAMBUNG & BALING-BALING (HULL & PROPELLER CHARACTERISTICS)
1. Tahanan Kapal dan Kecepatan Servis
2. Gaya Dorong ( Tship)
3. Karakteristik Baling-baling Kapal
4. Interaksi Lambung Kapal dan Baling-baling
5. Karakteristik Beban Baling-baling (Propeller Load Characteristic)

III. KARAKTERISTIK MOTOR PENGGERAK KAPAL
1. Power and Energy Loss
2. Engine PErformance Curves

IV. KOMBINASI KARAKTERISTIK ENGINE & PROPELLER
1. Matching Point
(a) Reducing Fuel Supplied to Engine
(b) Effect of Incorrect Pitch
(c) Design for Resistance Change
2. Engine Rating
3. Rumusan empiris yang serin digunakan untuk pertimbanga teknis terhadap perbedaan antara konisi operasi yang sebenarnya dengan kondisi yang standard

OPERATING MARGINS
(1) ENGINE OPERATING MARGINS
(2) HULL SERVICE MARGIN
(3) HULL & PROPULSION SERVICE MARGIN PRACTICES
(4) ENGINE DE-RATING METHODS

# Title : Engine Propeller Matching (Copy Right 2005 SW. Adji)
# Author : Ir. Surjo W. Adji, M.Sc C.Eng FIMarEST
# Keterangan : Dedikasi untuk "Mr. Tom Ruxton", Tulisan ini saya buat untuk digunakan oleh Mahasiswa-ku yang mau mendalami tentang masalah 'Engine-Propeller Matching'
# File Nae : 4-195-suryo-adji-ENGINE propeller Matching.pdf
# Size : 288.04 KByte
# Tipe : application/pdf


We do not take responsibility for the ebooks copyright on this site, This documents are found in a free ebook sites in the internet and not tested. please read disclaimer before you download)

MultiSearchEngine

Recent Comment

yirfan © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO