30 January 2009

[yim346] SNMT2005 - Analisis Teknis dan Ekonomis Pengadaan Kapal Barang untuk KAPET Seram

Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu (KAPET) Seram telah dicetuskan pada tahun 1998 yang kegiatannya baru dimulai tanggal 7 Agustus 2001 dengan terbentuknya Badan Pengelola KAPET Seram.
Tujuan penelitian ini adalah memperoleh kapasitas moda tranportasi laut (kapal) berdasarkan data potensi daerah, sarana dan prasarana penunjang serta analisis infrastruktur transportasi laut di KAPET Seram, yang diproyeksikan untuk mengatasi permintaan jasa angkutan barang saat ini dan masa yang akan datang.
Analisis dimulai dengan melihat hubungan permintaan dan penawaran jasa transportasi yang terjadi di KAPET Seram untuk mengetahui kuantitas komoditi masuk maupun keluar kawasan. Selanjutnya, tingkat ketergantungan aktifitas perekonomian di KAPET Seram terhadap sektor kelautan /maritime dapat diketahui dengan menggunakan salah satu indikator ekonomi yaitu MDF (Maritime Dependency Factor) dan GAP (perbedaan total jumlah barang) untuk 10 tahun mendatang.
Langkah selanjutnya, perhitungan kapasitas kapal barang DWT (Dead weight Tonnage) disesuaikan besarnya permintaan. DWT tersebut digunakan sebagai pembanding dalam menentukan ukuran utama kapal dengan menggunakan metode optimasi 256 variasi ukuran utama. Dari 256 variasi ukuran utama dipilih ukuran utama yang biaya pembuatan paling minimum.
Berbasis ukuran utama kapal yang telah diperoleh sebelumnya, analisis ekonomis dengan menggunakan metode ratio NPV (Net Present Value) dan IRR (Internal Rate of Return). Setelah dilakukan kajian kelayakan dari aspek teknis dan ekonomis. Selanjutnya ditentukan dimensi armada (kapal barang) yang optimal untuk melayani permintaan jasa di KAPET Seram.

Kata kunci : Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu,MDF,Kapal barang


Title : ANALISIS TEKNIS DAN EKONOMIS PENGADAAN KAPAL BARANG UNTUK KAPET SERAM
Author : Jacobus Tupan,Wasis Dwi Aryawan, R.O. Saut Gurning

Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi II
Program Studi MMT-ITS, Surabaya 30 Juli 2005

text edited from http://mmt.its.ac.id

---
---
We do not take responsibility for the ebooks copyright on this site, This documents are found in a free ebook sites in the internet and not tested. please read disclaimer before you download)

Seja o primeiro a comentar

MultiSearchEngine

Recent Comment

yirfan © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO